Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan

Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan
link : Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan

Baca juga


Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan

✈️ Sebesar Apa Anggaran Kemhan RI dibanding Negara Tetangga?✈️ Pesawat TNI AU [TNI AU]

Anggaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang besar kembali disorot. Kali ini Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan anggaran kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto ini wajar sangat besar.

Khususnya, anggaran untuk belanja militer dalam pengadaan alat utama sistem pertahanan alias alutsista. Lalu seberapa besar perbandingan belanja militer di Indonesia dengan negara lain?

Dari catatan detikcom yang dihimpun Minggu (19/7/2020), menurut Stockholm International Peace Research Institute (Sipri) belanja militer Indonesia dibanding produk domestik bruto (PDB/GDP) ternyata terus mengalami penurunan sejak 1988 hingga 2019.

Sipri sendiri merupakan lembaga independen yang fokus pada masalah konflik hingga persenjataan mengumpulkan data belanja militer dari sejumlah negara. Sipri mengelola data berdasarkan sumber terbuka.

Tahun 1988, belanja militer di Indonesia tercatat 1,5% dibanding PDB. Kemudian, mengalami penurunan hingga tahun 1996 yang tercatat 1,3%. Sempat naik lagi di tahun 1997 di posisi 1,5%, belanja militer turun lagi sampai di 2003 menjadi 0,9% dibanding PDB.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiANH2ZcM-foRHw9brurA983ulTFNbByKcmequF-9mDPH7cqt8Y0T-MgA3cbOm4X5IhECQA1CrY8T6Ac6qJy3F7d1CklxcpugScImPjCUTCEwFsndD4duVHHHqRbS2WsrG56zB-Glf43JW0/s1600/Sigma+family_2920.JPGPada tahun 2004 hingga 2019, porsi belanja militer masih juga cenderung turun. Terakhir, di tahun 2019, porsi belanja militer di Indonesia sebesar 0,7% dibanding dengan total PDB Indonesia.

Bila dibandingkan dengan negara tetangga, belanja militer Brunei Darussalam berdasarkan data tersebut yakni 3,3% dari PDB di tahun 2019, Kamboja 2,3%, Malaysia 1%, Filipina 1%, Singapura 3,2%, dan Thailand 1,3%.

Kini, di tahun 2020 Prabowo dititipkan anggaran sebesar Rp 127,35 triliun. Yang merupakan anggaran kementerian/lembaga (K/L) paling besar. Belanja alutsista menjadi fokus anggaran Prabowo dengan bagian paling besar mencapai Rp 14, 53 triliun.

Itu baru pengadaan, Prabowo juga menganggarkan dana untuk pemeliharaan dan perawatan alutsista untuk Alpung, KRI, Kal, Ranpur/Rantis darat sebanyak 143 unit sebesar Rp 3,19 triliun. Sementara itu, pemeliharaan/perawatan Pesawat Udara, Senjata & Almatsus lainnya sebanyak 228 unit sebesar Rp 5,10 triliun.

  ✈️ detik  


Demikianlah Artikel Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan

Sekianlah artikel Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2020/07/anggaran-pertahanan-ternyata-mengalami.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anggaran Pertahanan Ternyata Mengalami Penurunan"

Posting Komentar