Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon
link : Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Baca juga


Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Jet tempur Euro Fighter Typhoon Austria berpatroli [eurofighter} 

BUKAN jet tempur Rafale Perancis atau Sukhoi 35 Rusia, ternyata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengincar jet tempur Eurofighter Typhoon Austria.

Austria memang berencana memensiuankan 15 jet tempur Eurofighter Typhoon pada tahun ini, karena masalah biaya operasional dan korupsi pengadaan jet tempur canggih ini.

Ketertarikan Menhan Prabowo mengakuisisi 15 jet tempur Eurofighter Typhoon Austria diungkap media The Presse dalam edisi Minggu (19/2020).

Bahkan Menhan Prabowo sudah menyurati rekannya Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner (ÖVP) untuk membeli 15 pesawat interseptor tersebut tertanggal 10 Juli 2020.

Kementerian Pertahanan Austria mengkonfirmasi diterimanya surat tersebut akhir pekan lalu tetapi tidak mau berkomentar lebih lanjut tentang surat itu.

"Tolong izinkan saya untuk menghubungi Anda secara langsung mengenai masalah yang sangat penting bagi Republik Indonesia," tulis Prabowo.

Untuk memodernisasi Angkatan Udara Indonesia, saya ingin mengadakan perundingan resmi dengan Anda untuk membeli semua 15 Eurofighter untuk Republik Indonesia,” kata Prabowo dalam surat itu.

Prabowo rupanya tahu sengketa mengenai Eurofighter Typhoon di Austria dan upaya untuk menyingkirkan pesawat-pesawat ini.

"Saya menyadari kepekaan masalah ini," tulisnya.

"Namun demikian, saya yakin penawaran saya menawarkan peluang bagi kedua belah pihak," katanya.

Austria menuduh Airbus telah menggelembungkan harga pesawat Eurofighter pada saat transaksi.

Austria membeli 15 jet tempur Eurofighter Tranche 1 senilai sekitar dua miliar euro ($ 2,12 miliar) dari Airbus, pembelian tersebut diklaim telah menyebabkan kerugian bagi Austria sebesar 1,1 miliar euro.

Menurut temuan Kementerian Pertahanan Austria, Airbus dan konsorsium secara ilegal membebankan hampir 10 persen dari harga pembelian untuk apa yang disebut sebagai kesepakatan offset.

Austria kemudian diberitakan akan mempensiunkan dini 15 pesawat Eurofighter Typhoon Tranche 1 mulai 2020.

Selain masalah korupsi pengadaan 15 pesawat Eurofighter Typhoon Tranche 1, ada alasan mendasar kenapa Austria buru-buru memensiunkan jet tempur canggih ini.

 Keteteran tanggung operasional 

Seperti dilansir tribun-medan.com dari nationalinterest.org, Austria adalah negara kecil, netral secara politik tanpa musuh di dari negara tetangganya.

Eurofighter Typhoon, bermesin kembar, punya kecepatan supersonik, ternyata tidak diperlukan dan terlalu mahal untuk anggaran militer Austria.

Faktanya sejak dibeli, 15 Eurofighter Typhoon jarang terbang.

Dan ketika diterbangkan pun, Eurofighter Typhoon Austria hanya membawa sebagian kecil dari persenjataan yang dimiliki oleh negara lain yang mengoperasikan jet tempur ini — Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, dan Arab Saudi.

Dan sangat berbeda dengan negara-negara lain — yang biasanya mempekerjakan dua kali lebih banyak pilot daripada jet tempur yang dimiliki, sehingga memastikan selalu ada pilot yang standby menerbangkan pesawat tertentu ke medan pertempuran — Angkatan Udara Austria hanya punya 11 pilot Eurofighter Typhoon ditambah satu pilot training.

Dengan kata lain, Austria memiliki kemampuan tempur udara kelas atas yang lebih banyak menganggur daripada digunakan.

Maka tidak heran pada 2017, Pemerintah Austria mengumumkan akan memensiunkan Eurofighter Typhoon pada 2020 dan menggantinya dengan pesawat yang lebih terjangkau.

Keputusan itu datang ketika Wina menyelidiki dugaan korupsi dalam akuisisi Eurofighter Typhoon pada 2003.

Pada hari tertentu, hanya tiga Eurofighter Typhoon siap tempur dengan pilot dan senjata — dan hanya antara pukul 8:00 pagi hingga 4:00 sore.

Anggaran operasi Eurofighter Typhoon hanya diberi jatah terbang 180 menit per hari dalam jam kerja tersebut.

Jet tempur Euro Fighter Typhoon Austria yang jarang digunakan karena keterbatasan anggaranJet tempur Euro Fighter Typhoon Austria yang jarang digunakan karena keterbatasan anggaran (facebook)

Eurofighter Typhoon Austria sangat jarang terbang sehingga, pada tingkat penggunaan saat ini, airframes bisa bertahan selama berabad-abad dengan pemeliharaan yang memadai.

Tidak seperti jet tempur Angkatan Laut AS F/A-18, yang begitu sering terbang, hingga masa operasinya hanya 20 tahun.

Dan ketika Eurofighter Typhoon Austria terbang untuk berpatroli, paling-paling mengawal sebuah pesawat sipil yang bandel - jet tempur ini hanya membawa satu rudal jarak pendek udara-ke-udara.

Tetapi negara-negara dengan ukuran, kekayaan, dan situasi mirip Austria — dengan penduduk sembilan atau sepuluh juta orang, PDB beberapa ratus miliar dolar, tanpa ancaman militer langsung — cenderung menguntungkan jet fighter yang tidak mahal.

Republik Ceko dan Hongaria masing-masing membeli 14 jet tempur Gripen bermesin tunggal Swedia, dengan harga masing-masing lebih dari $ 60 juta.

Pada awal 2000-an, Austria menolak Gripen demi Eurofighter Typhoon yang dibanderol $ 125 juta, meskipun jet tempur Austria sebelumnya adalah Draken vintage 1950-an, pendahulu Gripen Swedia yang tidak rumit.

Akan bertahun-tahun sebelum preferensi Wina mulai masuk akal. Pada November 2012, polisi Jerman menggerebek rumah Frank Walter P di Hamburg, mencari bukti korupsi.

"Selama penjualan jet Eurofighter Typhoon ke Austria, diperkirakan € 113,5 juta setara $ 144 juta) diyakini telah ditransfer dari [anggota Eurofighter] EADS ke rekening perusahaan yang meragukan," Der Spiegel menjelaskan.

Jaksa penuntut umum di Wina dan Munich mencurigai bahwa jutaan euro mungkin telah digunakan untuk menyuap para pembuat keputusan Austria — atau sebagai pembayaran awal untuk para manajer EADS yang tamak — atau mungkin untuk membentuk dana tertentu di dalam konsorsium.

Bagaimanapun, pada awal 2000-an Wina menginginkan 24 Topan. Kemudian kaum kiri memperoleh menang dalam pemilu 2006.

Mereka bersumpah untuk membatalkan kesepakatan Eurofighter Typhoon, tapi menemukan biaya pembatalan akan lebih dari satu miliar dolar.

Akhirnya jumlah pesanan dipotong jadi 15 salinan Eurofighter Typhoon "Tranche 1" dan membayar hanya beberapa rudal pencari panas IRIS-T, 12 pilot dan tidak lebih dari 1.070 jam waktu penerbangan per tahun untuk seluruh armada.

Lagi pula, dengan anggaran militer tahunan hanya $ 4 miliar, itulah yang mampu dilakukan Austria.

Setiap jam penerbangan Eurofighter Typhoon menelan biaya $ 15.000.

Padahal Gripen dapat terbang selama satu jam dengan biaya sekitar $ 5.000.

Pemotongan operasional memiliki konsekuensi berbahaya.

Seperti yang dialami Swiss. Pada dini hari 17 Februari 2014, kopilot dari pesawat Boeing 767 Ethiopia yang terbang dari Addis Ababa ke Roma membajak pesawat dan 202 penumpangnya saat pilot berada di toilet.

Pesawat tempur Italia mencegat pesawat dan, kemudian, jet Perancis mengikutinya sampai mendarat di Jenewa.

Angkatan Udara Swiss tidak dapat mengirim pesawat tempur F-18-nya sendiri karena belum masuk jam terbangnya.

Kasus inilah yang membuat Kementerian Pertahanan Austria pada akhir 2014 mengumumkan akan meningkatkan 12 dari jet latih tempur SAAB 105 yang hampir 50 tahun, yang subsonik dan bahkan lebih ringan dipersenjatai daripada Eurofighter Typhoon.

SAAB 105s terbang 1.200 jam patroli udara setiap tahun, 130 jam lebih banyak dari Eurofighter Typhoon.

Tiga tahun kemudian pada tahun 2017, pemerintah Austria mengumumkan akan memensiunkan Eurofighter Typhoon dan Saab 105 mulai tahun 2020 dan mengganti kedua jenis dengan 18 jet baru yang lebih murah.

Keputusan itu meningkatkan perseteruan Wina dengan EADS, yang telah berganti nama menjadi Airbus dan masih merupakan perusahaan utama dalam konsorsium Eurofighter.

Pada 2018 Airbus setuju untuk membayar $ 100 juta untuk menyelesaikan investigasi Jerman ke dalam korupsi terkait dengan pembelian pesawat tempur Austria.

Pada tahun yang sama, Pemerintah Austria yang dikuasai sayap kanan yang baru menghentikan sementara investigasi negara tersebut atas dugaan korupsi - dan juga membatalkan rencana pensiunnya para Eurofighters.

Pada tahun 2019 Angkatan Udara Austria mendaratkan Saab 105 setelah Angkatan Udara Swedia menemukan retakan pada struktur ekor Saab. (the press/national interest)

  Tribunnews  


Demikianlah Artikel Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Sekianlah artikel Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2020/07/menhan-tertarik-akuisisi-15-jet-tempur.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menhan Tertarik Akuisisi 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon"

Posting Komentar