RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual

RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual
link : RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual

Baca juga


RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual

Setelah Pertemuan 3 Menteri Luar Negerihttps://akcdn.detik.net.id/visual/2020/07/28/pertemuan-menteri-pertahanan-indonesia-prabowo-subianto-dengan-menteri-pertahanan-india-rajnath-singh-dok-tinstagram-prabowo_169.jpeg?w=715&q=90Pertemuan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh. (Dok. TInstagram @prabowo)

Australia, India, dan Indonesia dikabarkan akan mengadakan dua pertemuan virtual antara menteri luar negeri dan pertahanan masing-masing. Ini dilakukan untuk meningkatkan kerja sama regional dan keamanan maritim di kawasan Indo-Pasifik.

Ditulis Hindustan Times, pertemuan virtual yang rencananya diadakan pada akhir September nanti, akan berlatar belakang "tindakan China yang semakin agresif di seluruh kawasan". Mulai dari kebuntuan perbatasan dengan India hingga klaim teritorial di Laut China Selatan yang didukung oleh konsentrasi aset militer.

Informasi ini muncul dari sebuah sumber, dengan tidak menyebut nama namun mengetahui perkembangan tersebut. Pertemuan akan dimulai dari masing-masing menteri luar negeri, Marise Payne dari Australia, Subrahmanyam Jaishankar dari India, dan Menlu RI Retno Lestari Priansari Marsudi.

Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan para menteri pertahanan masing-masing negara.

"Ini adalah trilateral yang bergerak cepat dengan para menteri pertahanan dan luar negeri diharapkan bertemu dalam beberapa bulan mendatang. Ketiga negara tersebut memiliki kepentingan yang sama di Indo-Pasifik yang terbuka dan inklusif," kata sumber tersebut dikutip Kamis (3/9/2020).

Lebih lanjut, menurut sumber tersebut, para menteri luar negeri akan fokus bekerja secara kolaboratif untuk memperkuat lembaga-lembaga regional. Seperti KTT Asia Timur (EAS), yang mencakup negara-negara ASEAN dan mitra wicara mereka, serta 22 anggota Indian Ocean Rim Association (IORA).

Sedangkan para menteri pertahanan akan fokus pada kerja sama keamanan maritim pada pertemuan mereka berikutnya. Para pejabat yang bekerja dalam prakarsa tersebut telah menciptakan istilah "minilateral" untuk menggambarkan pertemuan ketiga negara.

"Dengan demokrasi terbesar di dunia, India, demokrasi tertua di Asia, Australia, dan demokrasi mayoritas Muslim terbesar dalam bentuk Indonesia, kami pikir ini bisa menjadi salah satu minilateral terpenting di kawasan ini," lanjut sumber tersebut.

Namun saat CNBC Indonesia meminta konfirmasi mengenai pertemuan tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah membantah hal tersebut.

"Terlalu jauh dan spekulatif kalau membayangkan atau mengkaitkan pertemuan trilateral tersebut dengan suatu kerjasama militer. Sejalan dengan politik luar negeri bebas aktif, Indonesia tidak mempunyai tradisi membangun aliansi militer," ujar Teuku saat dihubungi CNBC Indonesia.

"Sementara itu, saya tidak tahu agenda yang akan dibahas terkecuali yang sudah disampaikan Menlu RI, yaitu pertemuan untuk membahas kerjasama penanganan Covid-19."

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sempat men-tweet soal pembahasan pertemuan trilateral yang akan datang dengan mitranya dari Australia, Payne. Ini dilakukan selama panggilan telepon pada 26 Agustus lalu.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Djojohadikusumo sempat berkunjung ke New Delhi, India pada akhir Juli. Ia memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk membahas perluasan kerjasama keamanan dan kegiatan China di wilayah tersebut, menurut sumber itu.

 ♖ CNBC  


Demikianlah Artikel RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual

Sekianlah artikel RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2020/09/ri-india-australia-akan-adakan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RI-India-Australia Akan Adakan Pertemuan Virtual"

Posting Komentar