Judul : Indonesia Memilih Prancis Untuk Ambisi Kapal Selam Barunya
link : Indonesia Memilih Prancis Untuk Ambisi Kapal Selam Barunya
Indonesia Memilih Prancis Untuk Ambisi Kapal Selam Barunya
Indonesia berencana untuk mengakuisisi kapal selam kelas Scorpene Prancis sebagai langkah dari perbaikan kapal tua buatan Jerman Scorpene Malaysia, KD TAR [The Star] ⚓️
Angkatan Laut Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengakuisisi kapal selam kelas Scorpene Prancis, meresmikan kesepakatan yang diharapkan untuk membuang Korea Selatan sebagai mitra teknologi kapal selam utama Jakarta.
Kapal selam kelas Scorpene dibangun bersama oleh pembuat kapal Prancis Naval Group dan Navantia Spanyol, dan menampilkan desain modular yang dapat membawa muatan besar dengan pengurangan biaya awak dan siklus hidup.
Kapal berbahan bakar diesel berukuran panjang 66 meter hingga 82 meter, berbobot 2.000 ton, membawa awak 25 hingga 31 anggota dan dilengkapi Sistem Manajemen Tempur SUBTICS.
Pada 10 Februari, PT PAL Indonesia dan Grup Angkatan Laut Prancis menandatangani perjanjian awal untuk berkolaborasi dalam pembangunan dua kapal selam Scorpene dan untuk mendirikan fasilitas penelitian dan pengembangan bersama di Indonesia.
Kedua belah pihak bertujuan untuk menyelesaikan kontrak pada pertengahan 2022 untuk memfasilitasi integrasi senjata dan sistem di atas kapal selam dan penyediaan pelatihan untuk operasi, konstruksi dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan transfer teknologi.
Kontrak tersebut juga dapat memberikan petunjuk untuk pembangunan dua kapal selam Scorpene lagi di Indonesia.
Itu mungkin berita buruk bagi Seoul. Pada 21 Februari, Kepala Operasi Angkatan Laut Korea Selatan Laksamana Kim Jung-soo membuka topik sensitif pesanan Indonesia untuk gelombang kedua kapal selam dari Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).
Proyek pengiriman tiga kapal selam DSME ke Indonesia telah terhenti selama tiga tahun, karena Indonesia telah menolak untuk membayar uang muka yang diperlukan agar pengiriman dapat dimulai secara resmi.
Indonesia tampaknya sedang mempertimbangkan untuk membatalkan kontrak guna mengurangi pengeluaran pertahanan di tengah ekspektasi menyusutnya anggaran di tahun-tahun mendatang. Hilangnya kapal selam KRI Nanggala pada tahun 2021 mungkin telah menjadi dorongan bagi Indonesia untuk memperoleh kapal selam yang baru dibangun daripada memperbaiki unit Tipe 209 buatan Jerman yang telah diperbaharui di Korea Selatan.
KRI Nagapasa 403 [TNI AL]
Sementara Korea Selatan telah menawarkan syarat dan harga yang menguntungkan, Indonesia dilaporkan tidak puas dengan kemampuan kapal, dengan alasan masalah pasokan listrik yang terhubung ke baterai di antara masalah lainnya.
Setelah kehilangan KRI Nanggala, Indonesia mengumumkan rencana ambisius untuk melipatgandakan armadanya menjadi 12 unit. Selain membangun armada kapal selamnya, Indonesia berencana untuk memperoleh lebih banyak korvet sebagai tanggapan atas serangan China baru-baru ini di Kepulauan Natuna, yang terletak di ujung selatan Laut China Selatan.
Strategi angkatan laut Indonesia dan keterbatasan sumber daya membuatnya sangat penting untuk mempertahankan armada kapal selam yang besar. Strategi Pertahanan Laut Nusantara menekankan pentingnya memiliki jangkauan strategis dan operasional untuk beroperasi di wilayah di luar perbatasan Indonesia dengan sedikit atau tanpa peringatan.
Secara operasional, ini berarti mengembangkan kemampuan angkatan laut untuk beroperasi jauh di luar wilayah perairannya untuk menghadapi musuh, atau setidaknya mendeteksi aktivitas musuh. Karena Indonesia memiliki sumber daya yang terbatas untuk membangun armada blue water yang besar, kapal selam merupakan alternatif ideal untuk kapal permukaan.
Pertama, sebagai platform siluman, kapal selam memberikan pencegahan yang lebih besar daripada aset angkatan laut lainnya, dan kemampuan serangan jarak jauh mereka memberikan tingkat proyeksi kekuatan.
Kedua, Indonesia memiliki tradisi panjang dan pengalaman yang signifikan dalam mengoperasikan kapal selam, yang telah dilakukan sejak tahun 1959. Kapal selam Indonesia melakukan aksi melawan Belanda pada tahun 1960-an, selama invasi Timor Timur pada tahun 1970-an, dan pada tahun 1999 ketika salah satu Kapal Selam Type 208-nya. kapal selam menaungi armada Pasukan Internasional Timor Leste.
Ketiga, program kapal selam Indonesia merupakan komponen penting dari industri pembuatan kapal dalam negeri dan merupakan salah satu dari tujuh program prioritas industri pertahanan, memfasilitasi kerja sama pertahanan antara desainer Prancis, Jerman, dan Korea Selatan.
Namun, dapat dikatakan bahwa platform dengan visibilitas tinggi seperti fregat, kapal patroli lepas pantai dan jet tempur yang didukung oleh beberapa kapal selam yang ditempatkan secara strategis lebih layak untuk Indonesia, karena mereka memberikan kehadiran yang terlihat dengan menunjukkan bendera di atas wilayah laut yang disengketakan untuk Indonesia. biaya jauh lebih sedikit.
Apalagi, armada kapal selam yang besar untuk proyeksi kekuatan hanya diperlukan jika Indonesia memiliki aspirasi kekuatan yang besar. Sementara Indonesia bertujuan untuk menjadi kekuatan regional di Asia Tenggara, namun sebagian besar tetap terfokus pada masalah domestik, yang menghalangi ambisi tersebut.
Biaya besar yang terlibat dalam program kapal selam Indonesia dapat memaksa perencana pertahanan untuk mengalihkan dana ke proyek lain yang lebih murah dan lebih layak yang dapat mencapai tujuan yang sama di wilayah maritim Indonesia yang disengketakan.
Indonesia sendiri sudah berjuang untuk mempertahankan kehadiran maritim di perairan teritorialnya, apalagi mengejar proyeksi kekuatan di luar perbatasannya seperti yang dibayangkan oleh strategi angkatan lautnya.
[TNI AL]
Selain Prancis, Rusia dan Turki telah menawarkan Indonesia kapal selam mereka. Tetapi Indonesia mungkin memilih Prancis sebagai mitra pilihan mereka karena kepentingan nasional yang menyatu.
Prancis telah menjual kapal selam Scorpene dan jet Rafale ke India, dan juga menjual Rafale ke Indonesia. Penjualan senjata ini mungkin mencerminkan kepentingan yang menyatu antara ketiga negara ini.
Baik Prancis maupun India menyimpan ketakutan untuk menjadi mitra bawahan dalam arsitektur keamanan yang dipimpin AS. Sementara itu, Indonesia telah lama mempertahankan kebijakan luar negeri yang independen dan telah membangun kemampuan pertahanannya tanpa terlalu bergantung pada satu sumber.
Dengan demikian, pembelian kapal selam Scorpene dan jet Rafale oleh Indonesia dapat membentuk titik fokus konkret lainnya dalam hubungan pertahanan trilateral yang muncul antara Indonesia, Prancis, dan India.
Negara-negara ini memiliki prinsip-prinsip demokrasi yang sama, namun tetap ingin mempertahankan independensi strategis dan kepentingan nasional mereka tanpa terlalu bergantung pada AS.
Angkatan Laut Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengakuisisi kapal selam kelas Scorpene Prancis, meresmikan kesepakatan yang diharapkan untuk membuang Korea Selatan sebagai mitra teknologi kapal selam utama Jakarta.
Kapal selam kelas Scorpene dibangun bersama oleh pembuat kapal Prancis Naval Group dan Navantia Spanyol, dan menampilkan desain modular yang dapat membawa muatan besar dengan pengurangan biaya awak dan siklus hidup.
Kapal berbahan bakar diesel berukuran panjang 66 meter hingga 82 meter, berbobot 2.000 ton, membawa awak 25 hingga 31 anggota dan dilengkapi Sistem Manajemen Tempur SUBTICS.
Pada 10 Februari, PT PAL Indonesia dan Grup Angkatan Laut Prancis menandatangani perjanjian awal untuk berkolaborasi dalam pembangunan dua kapal selam Scorpene dan untuk mendirikan fasilitas penelitian dan pengembangan bersama di Indonesia.
Kedua belah pihak bertujuan untuk menyelesaikan kontrak pada pertengahan 2022 untuk memfasilitasi integrasi senjata dan sistem di atas kapal selam dan penyediaan pelatihan untuk operasi, konstruksi dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan transfer teknologi.
Kontrak tersebut juga dapat memberikan petunjuk untuk pembangunan dua kapal selam Scorpene lagi di Indonesia.
Itu mungkin berita buruk bagi Seoul. Pada 21 Februari, Kepala Operasi Angkatan Laut Korea Selatan Laksamana Kim Jung-soo membuka topik sensitif pesanan Indonesia untuk gelombang kedua kapal selam dari Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).
Proyek pengiriman tiga kapal selam DSME ke Indonesia telah terhenti selama tiga tahun, karena Indonesia telah menolak untuk membayar uang muka yang diperlukan agar pengiriman dapat dimulai secara resmi.
Indonesia tampaknya sedang mempertimbangkan untuk membatalkan kontrak guna mengurangi pengeluaran pertahanan di tengah ekspektasi menyusutnya anggaran di tahun-tahun mendatang. Hilangnya kapal selam KRI Nanggala pada tahun 2021 mungkin telah menjadi dorongan bagi Indonesia untuk memperoleh kapal selam yang baru dibangun daripada memperbaiki unit Tipe 209 buatan Jerman yang telah diperbaharui di Korea Selatan.
KRI Nagapasa 403 [TNI AL]
Sementara Korea Selatan telah menawarkan syarat dan harga yang menguntungkan, Indonesia dilaporkan tidak puas dengan kemampuan kapal, dengan alasan masalah pasokan listrik yang terhubung ke baterai di antara masalah lainnya.
Setelah kehilangan KRI Nanggala, Indonesia mengumumkan rencana ambisius untuk melipatgandakan armadanya menjadi 12 unit. Selain membangun armada kapal selamnya, Indonesia berencana untuk memperoleh lebih banyak korvet sebagai tanggapan atas serangan China baru-baru ini di Kepulauan Natuna, yang terletak di ujung selatan Laut China Selatan.
Strategi angkatan laut Indonesia dan keterbatasan sumber daya membuatnya sangat penting untuk mempertahankan armada kapal selam yang besar. Strategi Pertahanan Laut Nusantara menekankan pentingnya memiliki jangkauan strategis dan operasional untuk beroperasi di wilayah di luar perbatasan Indonesia dengan sedikit atau tanpa peringatan.
Secara operasional, ini berarti mengembangkan kemampuan angkatan laut untuk beroperasi jauh di luar wilayah perairannya untuk menghadapi musuh, atau setidaknya mendeteksi aktivitas musuh. Karena Indonesia memiliki sumber daya yang terbatas untuk membangun armada blue water yang besar, kapal selam merupakan alternatif ideal untuk kapal permukaan.
Pertama, sebagai platform siluman, kapal selam memberikan pencegahan yang lebih besar daripada aset angkatan laut lainnya, dan kemampuan serangan jarak jauh mereka memberikan tingkat proyeksi kekuatan.
Kedua, Indonesia memiliki tradisi panjang dan pengalaman yang signifikan dalam mengoperasikan kapal selam, yang telah dilakukan sejak tahun 1959. Kapal selam Indonesia melakukan aksi melawan Belanda pada tahun 1960-an, selama invasi Timor Timur pada tahun 1970-an, dan pada tahun 1999 ketika salah satu Kapal Selam Type 208-nya. kapal selam menaungi armada Pasukan Internasional Timor Leste.
Ketiga, program kapal selam Indonesia merupakan komponen penting dari industri pembuatan kapal dalam negeri dan merupakan salah satu dari tujuh program prioritas industri pertahanan, memfasilitasi kerja sama pertahanan antara desainer Prancis, Jerman, dan Korea Selatan.
Namun, dapat dikatakan bahwa platform dengan visibilitas tinggi seperti fregat, kapal patroli lepas pantai dan jet tempur yang didukung oleh beberapa kapal selam yang ditempatkan secara strategis lebih layak untuk Indonesia, karena mereka memberikan kehadiran yang terlihat dengan menunjukkan bendera di atas wilayah laut yang disengketakan untuk Indonesia. biaya jauh lebih sedikit.
Apalagi, armada kapal selam yang besar untuk proyeksi kekuatan hanya diperlukan jika Indonesia memiliki aspirasi kekuatan yang besar. Sementara Indonesia bertujuan untuk menjadi kekuatan regional di Asia Tenggara, namun sebagian besar tetap terfokus pada masalah domestik, yang menghalangi ambisi tersebut.
Biaya besar yang terlibat dalam program kapal selam Indonesia dapat memaksa perencana pertahanan untuk mengalihkan dana ke proyek lain yang lebih murah dan lebih layak yang dapat mencapai tujuan yang sama di wilayah maritim Indonesia yang disengketakan.
Indonesia sendiri sudah berjuang untuk mempertahankan kehadiran maritim di perairan teritorialnya, apalagi mengejar proyeksi kekuatan di luar perbatasannya seperti yang dibayangkan oleh strategi angkatan lautnya.
[TNI AL]
Selain Prancis, Rusia dan Turki telah menawarkan Indonesia kapal selam mereka. Tetapi Indonesia mungkin memilih Prancis sebagai mitra pilihan mereka karena kepentingan nasional yang menyatu.
Prancis telah menjual kapal selam Scorpene dan jet Rafale ke India, dan juga menjual Rafale ke Indonesia. Penjualan senjata ini mungkin mencerminkan kepentingan yang menyatu antara ketiga negara ini.
Baik Prancis maupun India menyimpan ketakutan untuk menjadi mitra bawahan dalam arsitektur keamanan yang dipimpin AS. Sementara itu, Indonesia telah lama mempertahankan kebijakan luar negeri yang independen dan telah membangun kemampuan pertahanannya tanpa terlalu bergantung pada satu sumber.
Dengan demikian, pembelian kapal selam Scorpene dan jet Rafale oleh Indonesia dapat membentuk titik fokus konkret lainnya dalam hubungan pertahanan trilateral yang muncul antara Indonesia, Prancis, dan India.
Negara-negara ini memiliki prinsip-prinsip demokrasi yang sama, namun tetap ingin mempertahankan independensi strategis dan kepentingan nasional mereka tanpa terlalu bergantung pada AS.
Demikianlah Artikel Indonesia Memilih Prancis Untuk Ambisi Kapal Selam Barunya
Sekianlah artikel Indonesia Memilih Prancis Untuk Ambisi Kapal Selam Barunya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Indonesia Memilih Prancis Untuk Ambisi Kapal Selam Barunya dengan alamat link https://beritawawancara.blogspot.com/2022/03/indonesia-memilih-prancis-untuk-ambisi.html
0 Response to "Indonesia Memilih Prancis Untuk Ambisi Kapal Selam Barunya"
Posting Komentar