Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI

Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI
link : Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI

Baca juga


Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI

 Berbeda dengan satuan siber setiap Matra 
https://cdn.rri.co.id/berita/1/images/1692078582986-images_-_2023-08-15T124916.443/1692078582986-images_-_2023-08-15T124916.443.jpegIlustrasi tim cyber TNI (RRI) 💻

M
enko Polhukam Hadi Tjahjanto menjelaskan rencana pemerintah terkait pembentukan Angkatan Siber. Hadi menyebutkan Angkatan Siber nantinya akan menjadi matra TNI yang keempat.

"Angkatan Siber ini sangat penting, itu adalah matra yang keempat," kata Hadi kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

Menurutnya, kehadiran Angkatan Siber sebagai matra keempat akan melengkapi kekuatan pertahanan dari tiga matra yang sudah ada, yakni Angkatan Udara (AU), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Laut (AL). Dia kemudian berbicara tentang potensi terjadinya perang di ranah siber.

"Karena saat ini pertahanan dan keamanan tidak hanya itu memerlukan kekuatan seperti pesawat tempur, kapal perang, tank, dan sebagainya. Saat ini perang sudah masuk ke ranah-ranah perang-perang siber," jelas Hadi.

"Jadi perang siber itu perang pikiran. Kita memengaruhi pikiran masyarakat untuk melaksanakan kehendak," terang Hadi.

Dia kemudian menjelaskan bahwa Angkatan Siber yang akan dibentuk, bakal berbeda dengan Satuan Siber (Satsiber) dari setiap Matra. Karena tugasnya bukan sekadar mengamankan administrasi, portal, namun lebih dari itu.

"Pertanyaannya saat ini Mabes TNI sudah punya. Iya, itu adalah satuan siber, yang digunakan untuk menjaga keamanan administrasi, portal. Tapi TNI, Kementerian Pertahanan sedang membangun kekuatan yang bisa menghadapi pada perang siber," jelasnya.

Kendati begitu, mantan Panglima TNI itu tidak menjelaskan lebih jauh perihal teknis proses pembentukan Angkatan Siber. Namun dia memastikan akan ada penyesuaian, termasuk mengenai perubahan dan perbaikan satuan TNI.

"Iya revisi pada waktu itu kita laksanakan pada tahun 2020. Waktu saya panglima. Dengan adanya kekuatan baru ini Mabes TNI akan menyesuaikan, kekinian dengan merubah atau memperbaiki doktrin TNI," ucapnya. (ond/aud)

  🔬 detik  


Demikianlah Artikel Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI

Sekianlah artikel Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI dengan alamat link https://beritawawancara.blogspot.com/2024/09/angkatan-siber-sangat-penting-jadi.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Angkatan Siber Sangat Penting, Jadi Matra Ke-4 TNI"

Posting Komentar