[Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam

[Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam
link : [Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam

Baca juga


[Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam

Di Laut China Selatanhttps://www.researchgate.net/profile/Azizan_Marzuki/publication/228832943/figure/fig1/AS:393608818642944@1470855063087/Location-of-Kelantan-Malaysia.pngPosisi Kelantan Malaysia [researchgate]

Penjaga pantai Malaysia menembak mati seorang nelayan Vietnam, yang kapalnya coba menabrak kapal patroli di Laut China Selatan.

Insiden itu dilaporkan pihak berwenang pada Senin (17/8/2020), sebagaimana diwartakan kantor berita AFP.

Penembakan itu terjadi di perairan Malaysia, di mana nelayan setempat pernah mengeluhkan kapal nelayan Vietnam yang merusak jala mereka.

Penjaga pantai Zubil Mat Som mengatakan ke AFP, dua kapal nelayan Vietnam telah memasuki perairan Malaysia sekitar 128,7 kilometer dari Tok Bali, di lepas pantai timur laut Negara Bagian Kelantan, Minggu malam (16/8/2020).

"Awak penjaga pantai sebelumnya telah melepaskan tembakan peringatan ke udara, tetapi setelah mereka menabrak dan melemparkan sebotol bensin, anak buah saya tidak punya pilihan selain menembaknya untuk membela diri," ujar Zubil.

Zubil menuduh kru kapal Vietnam telah melempar bensin dan ban, untuk coba membakar kapal penjaga pantai yang rusak akibat "benturan agresif".

Seorang nelayan Vietnam menderita luka tembak dan dinyatakan meninggal setelah dibawa ke pantai.

"Kami sedih dengan kejadian mematikan ini. Tapi saya bisa menjamin... anak buah saya mengambil tindakan ini untuk melindungi nyawa mereka dan untuk melindungi kedaulatan nasional kami," tambah Zubil.

Kapal Vietnam dengan 20 awak sisanya kemudian ditarik ke dermaga oleh penjaga pantai.

Sebagian wilayah Laut China Selatan diperebutkan oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam, sementara Beijing mengklaim seluruh jalur perairan itu.

Perebutan wilayah laut yang menjadi jalur pelayaran penting dan mencakup daerah kaya ikan ini, menjadikannya sangat rawan konflik.

China dan ASEAN saat ini sedang dalam pembicaraan untuk kode etik di daerah tersebut.

Sementara itu Amerika Serikat (AS) meski bukan penggugat, mengirimkan kapal-kapal patrolinya ke perairan internasional di sana, tapi China mengecamnya sebagai campur tangan urusan regional.

Pada Februari Kuala Lumpur berusaha mencapai kesepakatan dengan Hanoi untuk mengakhiri dugaan intrusi kapal Vietnam ke perairan Malaysia.

 ♖ Kompas  


Demikianlah Artikel [Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam

Sekianlah artikel [Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2020/08/dunia-penjaga-pantai-malaysia-tembak.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Dunia] Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam"

Posting Komentar