Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan

Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan
link : Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan

Baca juga


Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan

Penulis : Akbar S.
Kamis 01 Juni 2017



PROBOLINGGO,KraksaanOnline.com - Bulan suci Ramadhan 1438 H ternyata membawa berkah tersendiri bagi para pembudidaya ikan di Kabupaten Probolinggo. Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo mencatat bahwa permintaan ikan meningkat tajam dibandingkan dengan hari biasanya. Bahkan permintaannya mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat.

Demi memenuhi permintaan yang tinggi para pembudidaya telah menyimpan stok ikan selama bulan suci Ramadhan sebanyak 58.865 kg. Meliputi lele 27.665 kg dengan harga Rp 14.000 per kg, bandeng 27.200 kg dengan harga Rp 12.000 per kg dan nila 4.000 kg dengan harga Rp 10.000 per kg.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya Hari Pur Sulistiono mengungkapkan permintaan itu tidak hanya terbatas pada warung dan rumah makan saja, masyarakatpun juga berburu ikan untuk menu buka puasa maupun sahur.

“Umumnya harga ikan selama bulan suci Ramadhan naik. Permintaan juga cenderung naik. Untuk mengantisipasi hal itu, Diskan jauh-jauh hari mensosialisasikan kepada kelompok budidaya untuk menyiapkan stok ikan selama bulan Ramadhan. Paling tidak ada ikan yang ditahan untuk di panen waktu bulan suci Ramadhan,” jelasnya.

Selama bulan suci Ramadhan jelas Ipung, permintaan lele naik hingga 50% dari semula 5 hingga 8 kwintal, sekarang mencapai 1 ton. Harga di tingkat petani juga naik hingga mencapai Rp 13.000 hingga Rp 14.000 per kg.

“Untuk sementara penjualan dilakukan di tingkat lokal. Untuk pasar di daerah timur harga jual lele mencapai Rp 20.000 per kg dan di pasar barat sebesar Rp 18.500 per kg. Bahkan ikan gurami yang tidak ada stok permintaannya juga meningkat hingga 2 kali lipat atau 4 kwintal dengan harga Rp 35.000 hingga Rp 37.000 per kg,” tegasnya.

Hal yang sama juga terjadi pada ikan Nila dan bandeng, dimana permintaannya mencapai 5 kwintal dari sebelumnya 3 kwintal.  Harganya juga naik hingga Rp 15.000 per kg untuk Nila dan Rp 16.000 per kg untuk bandeng. “Ada peningkatan harga dan permintaan,” terangnya.

Ipung menambahkan fenomena peningkatan permintaan ikan ini terjadi setiap tahun. Setiap masuk bulan suci Ramadhan, permintaan ikan konsumsi akan meningkat. Pembudidaya harus bisa melihat itu sebagai jadwal yang harus diantisipasi. Oleh karenanya harus ada stok yang disediakan. Apalagi harganya juga akan ikut naik. 

“Mudah-mudahan peningkatan permintaan di bulan suci Ramadhan ini bisa dimanfaatkan untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya

Editor : Wawan


Demikianlah Artikel Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan

Sekianlah artikel Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2017/05/diskan-kabupaten-probolinggo-jumlah.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diskan Kabupaten Probolinggo : Jumlah Permitaan Ikan Meroket Di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar