Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea

Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea
link : Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea

Baca juga


Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea

KF-21 Boramae [ROKArmed Forces]

Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) tengah mengembangkan jet tempur Korean Fighter Experimental/Indonesian Fighter Experimental (KFX/IFX) atau KF-21 Boromae.

Proyek ini cukup lama tidak terdengar, namun kabar terakhir Indonesia belum membayar cost share untuk pengembangan jet tempur ini.

 Bagaimana perkembangannya ?

Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin menjelaskan, program KFX/IFX merupakan program pemerintah Indonesia dan pemerintah Korsel. Perjanjian pengembangan jet tempur ini dilakukan pemerintah kedua negara yang meliputi empat hal. Pertama yakni technology development (TD) di mana hal itu telah dilewati.

"Kedua itu yang kita sebut EMD engineering manufacturing development-nya, jadi bagaimana tadinya kita desain teknologi produknya, teknologi si KFX/IFX, setelah itu kita desain bagaimana alur dan fasilitas produksinya," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Ketiga, kerja sama dalam bidang produksi. Jadi, kata dia, ada komponen yang diproduksi Korea dan ada yang diproduksi di Indonesia. Terakhir, kerja sama dalam pemasaran produk ini ke depannya.

Kembali, dia mengatakan, pihak yang melakukan perjanjian kerja sama adalah pemerintah Indonesia dan Korea. Sementara, anggota holding BUMN industri pertahanan yakni PT Dirgantara Indonesia (PTDI) ialah sebagai pelaku industri Indonesia. Lalu, pelaku industri Korea ialah Korea Aerospace Industries (KAI).

"Kami ini adalah pelaku dari perjanjian yang Indonesia dengan Korea tadi. Nah bagaimana rencana ke depannya, rencana ke depannya itu kalau disesuaikan dengan kontrak kerjanya atau perjanjian yang ada saat ini tentunya adalah yang saya sampaikan tadi," katanya.

"Ada bagian komponen yang akan diproduksi oleh PTDI, ada bagian komponen yang diproduksi oleh KAI. Ada yang nanti akan final assembly oleh PTDI, ada yang di final assembly di KAI sendiri. Sehingga boleh kita bilang KFX/IFX adalah joint product antara Indonesia dengan Korea," sambungnya.

Proses assembling pesawat tempur KF-21 (K-Force)
Meski begitu, dia tak bisa menjawab mengenai persoalan cost share dalam pengembangan jet tempur ini. Sebab, masalah cost share merupakan kewenangan pemerintah.

"Kalau masalah utang perutangan karena yang membuat perjanjian pemerintah Indonesia dengan pemerintah Korea, kami hanya pelakunya, bukan domain saya menjawab itu. Itu domainnya Kementerian Pertahanan, domainnya Kementerian Keuangan dalam menjawab itu," katanya.

Sebelumnya, dikutip dari detikNews, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberi penjelasan soal Indonesia yang belum membayar cost share untuk proyek jet tempur siluman KFX/IFX. Prabowo mengatakan akan melakukan negosiasi ulang terkait hal itu.

"Ya itu memang akan kita negosiasi terus sama mereka," kata Prabowo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/6/2023) lalu.

Prabowo juga berjanji akan memenuhi komitmen Indonesia kepada Korea Selatan terkait iuran proyek KF-21 itu. "Pokoknya kita akan penuhi komitmen-komitmen kita," ujarnya.

Untuk diketahui, persoalan Indonesia yang belum membayar cost share untuk proyek KF-21 Boromae ini sudah berlangsung sejak 2020 lalu. Kala itu, Indonesia dilaporkan menunda pembayaran ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk iuran proyek pengembangan jet tempur dengan Korea.

Indonesia bergabung dengan proyek KF-X itu dalam upaya pengadaan pesawat untuk angkatan udaranya dan untuk memajukan industri kedirgantaraan. Indonesia disebut setuju menanggung 20% dari biaya pengembangan proyek 8,8 triliun won (US$ 7,3 miliar) atau sekitar 1,7 triliun won. Tetapi Indonesia dilaporkan gagal membayar sekitar 500 miliar won.

  ★ detik  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_ZsT2JaX5CkWV3WoHdSbkvaPWLaGA-n5G6B1c8cknQdxL2NDB_T-sPMEkIP4pMwECV1XWBORmjB2SxszuE8GexpvCLy7tqD8G32-Ju8YCB60f-9MCCVqar2_JDN4uLktn216eAAFptcCj/s1600/ifx+version+BUMN.jpg


Demikianlah Artikel Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea

Sekianlah artikel Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2023/10/bos-holding-bumn-pertahanan-buka-bukaan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bos Holding BUMN Pertahanan Buka-bukaan Soal Proyek Jet Tempur RI & Korea"

Posting Komentar