Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo

Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo
link : Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo

Baca juga


Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo

https://pict.sindonews.net/webp/732/pena/news/2023/08/26/14/1185357/cerita-jokowi-dikejar-4-jenderal-tni-setelah-peristiwa-bom-bunuh-diri-di-solo-oom.webpPanglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAD Jenderal TNI Mulyono, Danjen Kopassus Mayjen TNI Muhammad Harindra, dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi saat mengejar Presiden Jokowi. (Istimewa)

P
residen Joko Widodo (Jokowi) merupakan sosok pemimpin yang sangat berani. Kesan tersebut diungkapkan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan saat bertugas menjadi perisai hidup Jokowi.

Saat itu, mantan Danjen Kopassus ini menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden atau Dangrup A Paspampres yang bertugas menjaga keamanan dan keselamatan orang nomor satu di Indonesia ini.

Dalam buku biografinya berjudul “Menjaga Jokowi Menjaga Nusantara: Catatan Perjalanan Jaguar Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden” lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993 ini menceritakan momen bagaimana Paspampres sempat kalang kabut mempersiapkan keamanan saat Jokowi memutuskan mudik Lebaran ke Solo dan Yogyakarta untuk open house di Gedung Agung atau Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Sebab, sebelum berangkat ke Solo, terjadi bom bunuh diri oleh seorang terduga teroris di halaman Mapolres Surakarta. Peristiwa yang terjadi pada 5 Juli 2016 itu menewaskan seorang pelaku dan satu anggota kepolisian. Kejadian ini cukup menggemparkan karena terjadi dalam suasana Hari Raya Idul Fitri.

Peristiwa itu menjadi pertimbangan bagi Paspampres untuk memperketat pengawalan selama Presiden Jokowi mudik pada 8 Juli 2016. Komandan Paspampres (Danpaspampres) yang saat itu dijabat Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono segera mengumpulkan data situasi terakhir yang berkembang untuk kemudian dilaporkan kepada Presiden Jokowi.

Laporan situasi ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi Presiden untuk membatalkan atau tetap melanjutkan perjalanan ke Solo. Setelah menerima laporan dari Komandan Paspampres, Jokowi ternyata tetap memutuskan untuk tetap pulang kampung ke Solo.

"Seperti yang saya sudah duga, Presiden Jokowi tetap akan melanjutkan perjalanan ke Solo. Keputusan ini tentunya menjadi tantangan bagi Paspampres untuk menerapkan pola pengamanan yang ekstra-hati-hati karena situasi di Solo waktu itu masih cukup rawan," kenangnya dikutip SINDOnews, Sabtu (26/8/2023).

Di Kota Surakarta, orang-orang masih hangat membicarakan kejadian bom bunuh diri di Mapolres Surakarta. Pelakunya diketahui bernama Nur Rohman, warga Desa Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta.

Perkembangan situasi ini membuat penyambutan Presiden Jokowi di Bandara Internasional Adi Sumarmo Boyolali lebih ketat. Mulai dari saat penjemputan, perjalanan, hingga di kediaman Presiden Jokowi yang terletak di Kecamatan Sumber, Surakarta, pengamanan wilayah tampak lebih banyak dari biasanya.

Walaupun kepolisian memperkirakan tidak akan ada aksi lanjutan pelaku teror, namun karena yang datang seorang kepala negara, aparat keamanan wilayah tak mau ambil risiko. Aparat kepolisian menggelar pengamanan di sepanjang rute yang dilalui Presiden lebih banyak dari biasanya. Demikian pula Paspampres melakukan perkuatan pengamanan lebih banyak di kediaman Presiden dan keluarga.

https://aws-images-prod.sindonews.net/dyn/600/pena/sindo-article/original/2023/08/26/Jokowi%20Jumatan.jpg"Anggota Grup A Paspampres saya perintahkan untuk melakukan beberapa modifikasi pengamanan di sekitar kompleks perumahan Sumber. Pembatasan akses jalan masuk ke perumahan dan patroli di seputaran lingkar dalam kompleks dilakukan Paspampres," katanya.

Sedangkan, untuk pengamanan lingkar luar kediaman dilakukan oleh pengamanan wilayah dari Komando Distrik Militer (Kodim) Surakarta. Menjelang waktu Salat Asar seluruh pengamanan di pos pintu masuk perumahan dicek.

"Saya mendengar suara orang mengaji dari masjid sekitar kompleks. Saat itu saya baru sadar bahwa hari itu adalah hari Kamis, dan besok Presiden harus Salat Jumat. Langsung saya teringat kebiasaan Presiden Jokowi kalau Salat Jumat di Solo. Beliau selalu memilih sendiri masjid yang akan dituju," ujarnya.

Beberapa kali Salat Jumat di Solo, masjid ditentukan setelah beliau menaiki mobil walaupun sebelumnya ajudan telah menanyakan masjid yang akan didatangi. Jawaban Presiden Jokowi, "Nanti saya tentukan."

Kebiasaan seperti ini membuat pengamanan di lokasi Salat Jumat menjadi terburu-buru. Pengamanan dari Paspampres dan wilayah tentu tak punya waktu banyak untuk melakukan prosedur tetap pengamanan yang semestinya. Padahal, masjid yang dipakai Jumatan Presiden tidak akan 100% steril.

Alasan Presiden Jokowi menentukan masjid saat sudah di mobil karena beliau merasa Solo adalah kota yang sangat dikenalnya sehingga Presiden Jokowi ingin berbaur dengan masyarakatnya. Apalagi selama ini salat berlangsung lancar dan aman-aman saja. Namun, kali ini, Jumatan hanya berselang dua hari setelah peristiwa aksi terorisme yang menggemparkan Indonesia, khususnya Kota Solo.

"Kebiasaan Presiden ini menjadi pemikiran saya sebagai Dan Grup A Paspampres bagaimana caranya agar Presiden dapat menentukan salat di masjid lebih awal sehingga pengamanan dapat dilakukan optimal," katanya.

Dengan pertimbangan pascaaksi terorisme, bagaimana jika Salat Jumat dilakukan di masjid yang berada di kompleks militer atau kepolisian yang dipastikan lebih aman dan steril. Hal itupun disampaikan Mohamad Hasan kepada ajudan Presiden yang saat itu bertugas, yakni Kombes Pol. Listyo Sigit Prabowo kini menjabat sebagai Kapolri.

"Bang, mengingat situasi pascabom di Polres Solo, saya sarankan untuk Jumatan besok di masjid militer atau kepolisian," tutur saya memberikan saran kepada ajudan dinas.

"Ok, betul juga dinda, saya setuju. Nanti saya sampaikan kepada Pak Anggit (Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Nugroho)," kata Sigit.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 13 Maret 1971 yang sudah melakukan survei cepat terhadap beberapa masjid di kompleks militer dan kepolisian mengantongi tiga pilihan tempat untuk Salat Jumat Presiden Jokowi. Antara lain, masjid di Korem, Polres, dan Kodim. Namun, ketiga pilihan tersebut ternyata tidak memungkinkan.

Masjid di Korem tengah dalam renovasi dan belum bisa digunakan. Demikian juga masjid di Polres, lokasinya sangat berdekatan dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) aksi bom bunuh diri di Mapolres Solo. Adapun masjid di Kodim terlalu sempit dan kurang representatif.

"Akhirnya, saya ingat salah satu instansi militer yang berada di Kota Solo, yaitu Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Karta Sebagai mantan Wakil Komandan Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, saya sangat hapal kondisi masjid itu," ujar eks Wadan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus ini.

Selain masjidnya cukup besar, lokasinya berada di kawasan Kompleks Grup 2 Kopassus Akhirnya, usulan itu disetujui untuk dijadikan tempat Salat Jumat Presiden Jokowi. "Dinda, Presiden setuju dengan saran kita. Segera koordinasikan ya," kata Kombes Pol Sigit.

Mendapat informasi tersebut, M. Hasan mengaku lega dan langsung menghubungi Komandan Grup 2 Kopassus, Kolone Infanteri Rafael Granada Baay yang juga teman satu angkatan dengan di Akademi Militer 1993.

Setelah menghubungi Dan Grup A Kopassus, mantan Pangdam Iskandar Muda ini pun segera menghubungi Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Pangkostrad.

M. Hasan juga menyarankan kepada Dan Grup 2 Kopassus untuk menyiapkan alat tulis agar Presiden bisa menuliskan pesan untuk prajurit Kopassus seperti yang dilakukan ketika Presiden mengunjungi KRI Imam Bonjol di Kepulauan Natuna.

"Ide bagus, Bro. Soalnya Presiden belum pernah berkunjung ke Makopasus atau satuan Kopassus lainnya. Ini yang pertama Presiden ke Kopassus," jawab Kolonel Rafael sumringah.

Malam itu juga, dirinya mendapat informasi yang cukup mengejutkan tentang rencana kehadiran Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, dan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI Herindra.

Padahal, sebelumnya mendapat arahan dari ajudan Presiden Kombes Pol Listyo Sigit cukup Pangdam dan Kapolda saja yang hadir pada saat Salat Jumat. Namun, rupanya, Dan Grup 2 Kopas melaporkan kepada Danjen Kopassus tentang rencana Salat Jumat Presiden Jokowidi Kandang Menjangan.

Sudah dapat ditebak kelanjutannya dengan laporan tersebut. Danjen akan melapor kepada KSAD dan KSAD akan melapor kepada Panglima TNI. Akhir ketiga pejabat tinggi TNI tersebut dipastikan akan hadir di Grup 2 Kopassus untuk menyambut Presiden.

"Waah besok Kesatrian Kandang Menjangan akan bertaburan 'bintang' nih," ujar Kolonel Rafael ketika mendengar berita itu.

https://aws-images-prod.sindonews.net/dyn/600/pena/sindo-article/original/2023/08/26/Jokowi%20Kopassus.jpgSetelah mengunjungi beberapa titik di Solo sejak pagi, menjelang siang Presiden Jokowi tiba di Markas Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Kartasura, dan Sukoharjo, Presiden Jokowi disambut Dangrup 2 Kopassus Kolonel Rafael Granada Baay. Kemudian Presiden berganti kendaraan taktis yang disiapkan untuk berkeliling asrama. Kendaraan pertama diisi Presiden, Panglima TNI, KSAD, dan Danjen Kopassus. Termasuk dirinya dan ajudan dinas Presiden.

Kendaraan kedua diisi oleh Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Djaswandi, Sesmilpres, Danrem 074/Warastratama, Kolonel Maruli, dan Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Ahmad Luthfi.

Saat Salat Jumat, Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAD Jenderal TNI Mulyono, Danjen Kopassus Mayjen TNI Muhammad Harindra, dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi.

Hadir juga Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono, Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf. Maruli Simanjuntak, Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Ahmad Luthfi,

Setelah menunaikan ibadah Salat Jumat, Jokowi memberikan pengarahan bagi semua anggota Kopassus serta anggota TNI maupun Polri yang hadir. Dilanjutkan dengan makan siang bersama di halaman masjid.

 Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI. 

Meski acara sudah selesai, kejutan masih berlanjut. Seusai rangkaian kegiatan di Masjid Al Ihya, Presiden berjalan menuju ke mess Grup A Kopassus untuk menuju kendaraan dan berpamitan dan meninggalkan mess Grup 2 Kopassus menuju gerbang utama mako.

Terlihat anak-anak, istri-istri prajurit, dan prajurit TNI/Polri yang ikut Salat Jumat berbaris rapi di sepanjang jalan menuju gerbang utama, sambil membawa bendera Merah Putih dan melambaikan ke arah konvoi rangkaian Presiden. Presiden Jokowi hanya membuka kaca mobilnya.

"Saya sudah tahu apa yang akan dilakukan Presiden setelah melihat rakyatnya berbaris, yakni beliau akan membuka kaca mobil untuk membagi-bagikan buku atau kaus. Tebakan saya benar, staf ajudan membuka bagasi mobil dan mengambil buku-buku untuk dibagikan kepada anak-anak yang telah berbaris di pinggir jalan," katanya.

Belum lama rangkaian bergerak, sejumlah ibu yang ingin bersalaman dengan Presiden tiba-tiba mencegat kendaraan di tengah jalan. Semula Presiden melayani jabat tangan para ibu tersebut. Selanjutnya, ibu-ibu dan anak-anak mulai merapat ke mobil Presiden.

Mobil pun berhenti dan Presiden keluar dari mobil, langsung membagi-bagikan buku kepada anak-anak dan menyalami warga Kompleks Kopassus yang ingin berjabat tangan. Informasi berhentinya mobil Presiden sampai ke telinga para pejabat TNI yang sebelumnya melepas keberangkatan Presiden di depan mess Grup 2 Kopassus.

Spontan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berlari menuju lokasi tempat Presiden berhenti. Melihat Panglima TNI berlari, KSAD mengikuti. Demikian juga Pangdam IV Diponegoro dan Danj Kopassus terpaksa ikut lari juga.

"Terjadilah pemandangan langka di Kesatrian Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan. Empat jenderal kompak berlari bersama mengejar Presiden yang tengah melayani keinginan rakyatnya," katanya. (cip)

  ★ sindonews  


Demikianlah Artikel Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo

Sekianlah artikel Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2023/09/cerita-jokowi-dikejar-4-jenderal-tni.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Jokowi Dikejar 4 Jenderal TNI Setelah Peristiwa Bom Bunuh Diri di Solo"

Posting Komentar