[Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35

[Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35 - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35
link : [Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35

Baca juga


[Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35

Eks Marinir AS Mengakuinya https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/61/F-35A_flight_%28cropped%29.jpg/800px-F-35A_flight_%28cropped%29.jpgIran klaim mampu deteksi jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat yang terbang di atas Teluk Persia. Mantan Marinir AS Alex Hollings akui F-35 bisa terdeteksi dalam kondisi tertentu. (Wikimedia)Boeing

Para pejabat Iran telah menjadi berita utama pada akhir pekan lalu. Itu lantaran mereka mengeklaim radar militer Teheran mampu mendeteksi jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) yang terbang di atas Teluk Persia.

Alex Hollings, mantan personel Marinir AS yang beralih menjadi pakar kebijakan dan teknologi pertahanan, mengakui kemampuan Iran tersebut. Namun, kata dia, hal itu tidak membuat militer Washington menjadi khawatir.

Klaim para pejabat Teheran tersebut telah memicu banjir kritik di media sosial bahwa program pesawat tempur siluman senilai USD 1,7 triliun yang tidak lagi menawarkan keunggulan strategis atas Iran.

Selama beberapa hari terakhir, beberapa dari pesawat ini terbang di atas Teluk Persia dan sepenuhnya dipantau oleh radar kami sejak mereka lepas landas,” kata seorang pejabat Iran yang tidak disebutkan namanya seperti dikutip Al Mayadeen yang berbasis di Beirut.

Menurut Hollings, yang menulis pendapatnya di National Interest, Senin (11/9/2023), pada kenyataannya klaim Iran tersebut sangat mungkin benar.

Namun, kata dia, hal tersebut tidak akan menimbulkan dampak yang mungkin dipikirkan oleh banyak orang.

Menurutnya, pesawat tempur siluman telah lama dapat dideteksi melalui frekuensi radar tertentu dan hal ini bukanlah hal yang baru atau meresahkan bagi perencana militer.

Hollings mengatakan ada kesalahpahaman populer tentang teknologi jet tempur siluman yang seolah-olah mustahil terdeteksi radar.

Menurutnya, tak hanya F-35, setiap pesawat tempur generasi ke-5, apa pun asalnya, dapat dideteksi dalam kondisi yang tepat.

Menurut beberapa media yang berbasis di Iran, Wakil Komandan Operasi Pertahanan Udara Iran Brigadir Jenderal Reza Khajeh, adalah pejabat pertama yang mengajukan klaim bahwa Iran telah mendeteksi dan bahkan berpotensi melacak F-35 di dekat wilayah Iran.

Klaimnya itu menyusul pengerahan sekitar selusin F-35 ke wilayah Komando Pusat AS menyusul serangkaian pertemuan agresif yang melibatkan pesawat Rusia di Suriah dan pasukan Iran di Selat Hormuz.

Menurut Jenderal Khajeh, semua penerbangan di wilayah tersebut telah dipantau oleh sistem pertahanan udara Iran, didukung oleh apa yang dia sebut sebagai “sistem penyadapan".

Dia mengklaim bahwa Iran belum mendeteksi serangan mendadak melalui metode penyadapan atau pengupingan yang mereka gunakan.

Sekadar diketahui, pesawat siluman dirancang untuk menunda atau terkadang bahkan mengalahkan deteksi melalui berbagai cara, termasuk radar dan inframerah, namun secara umum dipahami bahwa teknologi jet siluman bukanlah pesawat yang tidak terlihat.

Artinya, dalam kondisi yang tepat, pesawat-pesawat ini sering kali dapat terdeteksi.

Pesawat tempur siluman modern dirancang untuk menunda atau mencegah deteksi khususnya dari susunan radar frekuensi tinggi yang mampu memberikan “kunci tingkat senjata”—atau susunan radar yang dapat memandu rudal ke target. Susunan radar frekuensi rendah tidak mampu mengarahkan senjata dengan ini.

Susunan radar yang berbeda disiarkan dalam panjang gelombang dan frekuensi yang berbeda untuk alasan yang berbeda. Jenis elemen desain yang dapat membantu menunda atau mencegah deteksi dari satu jenis frekuensi radar belum tentu membantu mencegah deteksi dari jenis frekuensi radar lainnya.

Akibatnya, desain pesawat tempur siluman secara khusus dimaksudkan untuk membatasi deteksi jenis susunan radar yang dapat secara efektif memandu senjata ke posisinya. Meskipun pesawat siluman masih tetap tidak terlihat oleh susunan radar yang bekerja dalam pita-pita ini, tujuannya adalah untuk membuat radar mereka kembali cukup kecil untuk menunda deteksi, sehingga pesawat tempur siluman dapat menyerang target atau melarikan diri tanpa pernah menjadi target serangan balasan.

Radar beroperasi dengan memancarkan energi elektromagnetik (gelombang radar), biasanya pada pita L, S, C, X, atau K. Setiap pita menggunakan panjang gelombang dan frekuensi yang berbeda, dengan hanya sistem frekuensi yang lebih tinggi (panjang gelombang lebih kecil) yang memberikan fidelitas gambar yang diperlukan untuk menargetkan pesawat secara akurat.

Dengan kata lain, hanya jenis radar tertentu yang dapat digunakan untuk memandu rudal menuju suatu target dan menempatkannya cukup dekat untuk menghancurkannya. Rangkaian frekuensi yang lebih rendah sering kali mampu mendeteksi pesawat tempur siluman di udara, namun karena panjang gelombangnya yang lebih besar, frekuensi tersebut tidak dapat memberikan data yang cukup akurat untuk benar-benar mengunci pesawat yang memiliki rudal.

Desain pesawat tempur siluman hanya membatasi deteksi terhadap susunan radar frekuensi tinggi, termasuk bagian dari S-band dan C, X, dan Ku-band untuk mencegah menjadi target. Karena pesawat tempur ini masih terlihat pada pita radar frekuensi rendah yang beroperasi pada pita S dan C, susunan ini dapat dimanfaatkan secara efektif sebagai sistem peringatan dini, memberi tahu pasukan pertahanan bahwa pesawat tempur siluman berada di area tersebut, dan memungkinkan sistem pertahanan lain untuk berorientasi ke arah yang benar.

Namun yang terpenting, susunan frekuensi rendah hanya dapat melakukan lebih dari sekedar sistem titik menuju area dimana pesawat tempur siluman berada. Desain pesawat tempur siluman yang efektif masih sulit untuk ditargetkan melalui susunan frekuensi tinggi bahkan dengan permulaan yang lebih awal.

Bukan hal yang aneh bagi pesawat tempur siluman seperti F-35 untuk terbang dengan reflektor radar yang membuatnya lebih mudah dideteksi dan menutupi profil radar sebenarnya saat beroperasi di wilayah dengan sistem pertahanan udara musuh yang ingin melahap data tentang radar mereka.

Reflektor ini, sering disebut lensa Luneburg, tidak selalu mudah dikenali dengan mata telanjang, namun membuat pesawat paling tersembunyi pun mudah dideteksi radar.

Dengan kata lain, sangat mungkin bahwa F-35 Amerika yang beroperasi di Timur Tengah terbang dengan lensa ini secara khusus untuk mempersulit sistem pertahanan udara musuh dalam mencari cara untuk mendeteksi pesawat ini dengan lebih mudah.

Mengingat Amerika Serikat mengirim jet-jet tempur tersebut ke wilayah Timur Tengah sebagai pesan yang disengaja untuk menyerang pasukan Iran dan Rusia yang agresif, maka mengiklankan kehadiran mereka adalah keputusan yang disengaja. Hal ini diperjelas dengan pengumuman publik Pentagon mengenai penempatan mereka bahkan sebelum F-35 tiba di wilayah tersebut.

Dalam koordinasi dengan sekutu regional kami, mitra, dan Angkatan Laut AS, F-35 akan bermitra dengan A-10 dan F-16 yang sudah berada di teater untuk membantu memantau Selat Hormuz,” kata juru bicara Pusat Angkatan Udara (AFCENT) Kolonel Mike Andrews mengatakan dalam sebuah pernyataan bulan lalu.

Dengan kata lain, ada banyak alasan mengapa Iran mungkin dapat mendeteksi F-35 yang beroperasi di Teluk Persia, mulai dari lensa Luneburg hingga susunan radar frekuensi rendah. Faktanya, akan sangat memberatkan jika mereka tidak bisa melakukannya.

Jadi, apakah Iran mendeteksi F-35 di Teluk Persia beberapa minggu lalu? Menurut Hollings, kemungkinan besar itu terjadi.

Namun apakah hal tersebut merupakan hal yang membuat para perencana militer Amerika khawatir? Menurut Hollings, hampir pasti tidak. (mas)

  Sindonews  


Demikianlah Artikel [Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35

Sekianlah artikel [Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35 dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2023/09/global-iran-klaim-mampu-deteksi-jet.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Global] Iran Klaim Mampu Deteksi Jet Tempur Siluman F-35"

Posting Komentar