Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok

Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok
link : Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok

Baca juga


Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok

https://qph.cf2.quoracdn.net/main-qimg-6d2394641b992a0b0741fdf0a214b107Peta Negara Gerakan Non Blok (Istimewa)

M
enteri Pertahanan Prabowo Subianto menekankan, Indonesia tetap akan berprinsip sebagai negara nonblok, atau tidak berpihak. "Kita akan selalu bebas aktif, nonblok, kita tidak mau terlibat dalam manapun," katanya di Media Center KTT ke-43 ASEAN di Hall B JCC, pada Kamis (7/9/2023).

Prabowo menjelaskan, hal itu karena Indonesia ingin bersahabat dengan semua negara. "Kita hormati Amerika Serikat, kita hormati Tiongkok, kita hormati Rusia, kita hormati India, Jepang dan semuanya," ujarnya.

Prabowo berpandangan, ASEAN merupakan kawasan paling aman, untuk saat ini. Bahkan, keberadaan ASEAN mampu memecahkan ketegangan di antara negara-negara anggotanya.

Ia merujuk hubungan Indonesia yang kurang baik dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura pada masa silam. "Sebelum ada ASEAN, kawasan penuh dengan ketegangan satu sama lain," ucapnya.

Namun, lanjutnya, saat ini ASEAN sudah sangat berhasil menciptakan suasana ketentraman di dunia. Bahkan, pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN menjadi paling baik di dunia.

Sebagai informasi, Rusia melancarkan serangan militer ke Ukraina pada Februari 2022 lalu. Salah satu alasan Rusia menyerang karena Ukraina ingin menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Beberapa negara-negara NATO kemudian terus mengirimkan bantuan peralatan militer, untuk Ukraina. Namun, bantuan tersebut tidak menyurutkan Rusia untuk terus menyerang Ukraina.

Saling embargo antara Rusia dengan negara-negara NATO pun tidak terhindarkan. Hal itu membuat harga berbagai komoditas penting naik, ekonomi global pun menjadi terguncang.

  ★ RRI  


Demikianlah Artikel Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok

Sekianlah artikel Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2023/09/indonesia-tetap-berprinsip-nonblok.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indonesia Tetap Berprinsip Nonblok"

Posting Komentar