Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik

Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik
link : Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik

Baca juga


Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_ucoZ9SeEAphs6D7NNKW_2m8993feLbi0wAZ6bsElTnMv43KUOwazDiOzc90Fb4qQwaMneJRn1kOlpYmbuz5YfcMF63vMlRG82VfADQrvTJxZ9qda4GapaBA50x8DTd1_BMKqEran6zcBShibDyYcyAwD1B97ITFfN10HTvY5SnUzBAbbMzywxnhtFoZP/s976/indonesian-r-han-450-test-pt-dahana.jpgRhan 450 (PT Dahana)] 🚀

P
ada tahun 2010-an, dua perusahaan milik negara, produsen bahan kimia PT Dahana dan badan antariksa LAPAN, mengembangkan roket berbahan bakar padat yang dapat mengirimkan muatan kecil dalam jarak pendek.

Sejak tahun 2016 hingga 2018 RX 450 yang berganti nama menjadi R-HAN 450 menjadi roket taktis dengan jangkauan efektif maksimum 100 kilometer. Namun pabrikannya, PT Dahana, belum terlalu agresif dalam meningkatkan sistem senjata terbesarnya – tidak ada keraguan mengenai perannya karena namanya R-HAN melengkapi roket R-HAN 122mm “Grad” yang lebih kecil. Ini mungkin akan segera berubah tetapi tidak ada yang tahu kapan. Meskipun pembuatan roket kaliber besar bukanlah hal yang kontroversial, penerapan proses manufaktur yang sama dapat menghasilkan apa yang disebut sebagai senjata strategis.

Setidaknya empat negara Asia menggunakan produksi roket kecil yang tidak terarah untuk membangun program rudal permukaan-ke-permukaan dalam negeri. Dalam beberapa kasus, lembaga-lembaga ini mempunyai potensi peran yang berkemampuan nuklir; rudal dapat dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir jika tersedia. Negara-negara tersebut adalah Iran, Pakistan, Korea Utara, dan Türkiye. Tidak ada bukti bahwa Indonesia dan angkatan bersenjatanya ingin mengikuti jalur yang sama, namun tren ini hampir tidak bisa dihindari.

Pada variannya yang sekarang, R-HAN 450 merupakan roket terarah kaliber besar dengan dimensi 460mm x 7200mm. Penampilannya sesuai dengan roket taktis dasar dengan kuartet sirip di sekitar boosternya dan badan pesawat yang memanjang. RX 450 yang diuji LAPAN pada tahun 2020 memiliki erector-launcher berbasis trailer yang memposisikan roket pada sudut curam, bukan vertikal. Jauh dari kata canggih, R-HAN 450 yang diproduksi oleh PT Dahana tidak memiliki wadah dan bahkan kendaraan pengangkut meskipun truk 6x6 atau 8x8 biasanya cukup untuk senjata jenis ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheRJa3T8iz9juizl2yhJwQq5TD8JYXAKzvhbxfiyoTdp0W-lvqkSjLVmMPoh6H9hoY0X7o43pudQffiVyitAUqY1iZD2l3wdtFpcRUUmg-uUg-Ni5dOzN-mDrCuRv9NQSMkfCEFqhRZD4VEFtpAjKj9269kUeFFq4kblvQAWGBKS6nBqJDWwgj4-F9fjWA/s836/indonesian-lapan-rx-450-5-rocket-launch.jpgRX 450-5 adalah demonstran satu tahap untuk badan antariksa Indonesia, LAPAN. (LAPAN) 🚀

Jika R-HAN 450 berevolusi di tahun-tahun mendatang, hasilnya akan mengarah pada sebuah rudal balistik – sebuah amunisi berdiameter besar dengan karakteristik berbeda yang membedakannya dari roket terarah yang “bodoh”. Kriteria penting dulunya adalah ukuran rudal balistik, namun tren terkini menjadikan hal ini tidak penting.

Rudal balistik, setidaknya model satu tahap, biasanya memiliki empat bagian – booster, propelan, hulu ledak, sistem panduan – dan PT Dahana tampaknya telah menguasai 3/4 proses pembuatannya. Jadi merakit rudal balistik satu tahap cukup mudah, namun tantangan untuk mengembangkan alat panduan dan navigasinya sangat berat. Ini ditempatkan di ujung rudal yang berbentuk kerucut (hulu ledak dan bahan bakar ada di bagian bawahnya) dan dilengkapi dengan jaringan komputer portabel. Terkadang penting untuk melengkapi ujung rudal dengan aktuator yang mengarahkan canard untuk menstabilkan jalur penerbangan rudal saat melaju dengan kecepatan supersonik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut PT Dahana membutuhkan mitra eksternal yang mampu memasok avionik serta integrasi dan pengujian sistem.

Indonesia dikabarkan telah menjalin kerangka kerja sama pertahanan multi-sisi dengan Türkiye yang melibatkan produksi berbagai rudal. Pengembangan R-HAN 450 oleh PT Dahana tampaknya terpisah dari aliansi ini, namun upaya Turki dalam meningkatkan teknologi rudal buatannya patut untuk dikaji. SRBM Khan milik Roketsan, misalnya, memiliki banyak kesamaan eksternal dengan R-HAN 450 – meskipun Khan didasarkan pada model Tiongkok – tetapi memiliki dimensi lebih besar dan mampu mencapai target sejauh 280 kilometer. Roket terakurat terbesar Roketsan, TRG-300 300mm yang digambarkan di bawah, mirip dengan R-HAN 450 dan mampu mencapai target sejauh 120 km. TRG-300 menggambarkan dengan baik bagaimana roket medan perang berdiameter besar yang tidak terarah berevolusi untuk meningkatkan akurasi dan penerbangan.

Jika SRBM Indonesia benar-benar berfungsi, detail penting yang perlu diperhatikan adalah dimensi badan pesawat dan sistem panduan yang dipasang di ujungnya. Terlepas dari seberapa banyak masukan yang diperoleh mitra asing, hasilnya kemungkinan besar akan menyerupai M20 Tiongkok yang telah diekspor ke beberapa negara. -Ada beberapa risiko yang terkait dengan program ini. Yang paling besar adalah kontroversi dan tekanan eksternal yang tidak diinginkan jika Jakarta terlalu ambisius dalam pengembangan rudal dan hal ini memicu sanksi dari negara-negara Asia Barat yang tidak ikut campur dalam masalah tersebut. (Indonesia tidak terikat atau menandatangani Rezim Pengendalian Teknologi Rudal/MTCR.)

https://21stcenturyasianarmsrace.files.wordpress.com/2023/04/turkish-roketsan-trg-300-display-adex-2022.jpgRoketsan TRG-300 memiliki jangkauan maksimum 120 km. (Roketsan/ADEX 2022) 🚀

Aspek teknologi dari terobosan Indonesia dalam artileri roket dan rudal balistik yang akurat akan sangat dramatis. Saat ini terdapat banyak contoh amunisi permukaan-ke-permukaan yang menghapus batasan yang memisahkan artileri roket dan berbagai rudal strategis. Yang paling utama adalah Precision Strike Missile (PrSM) Lockheed Martin yang lebih kecil dari SRBM mana pun namun dapat terbang lebih dari 500 km sambil dipersenjatai dengan muatan modular. Sebuah PrSM tunggal memiliki lebar hampir 400mm dan panjang 3.940mm, proporsi yang sederhana dibandingkan dengan SRBM kontemporer, namun memiliki karakteristik penerbangan yang ekstrim. Tiongkok, Iran, dan Israel hampir mencapai hal yang sama, sementara sektor industri militer Indonesia lebih maju dari yang diperkirakan.

Jika PT Dahana dan perusahaan DEFEND ID berhasil memproduksi secara massal R-HAN 450 sebagai amunisi yang lebih baik dan kemudian menindaklanjutinya dengan SRBM dalam negeri, hal ini akan membantu tren regional di ASEAN: rudal taktis kaliber besar kini sedang digemari.


Demikianlah Artikel Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik

Sekianlah artikel Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2023/11/indonesia-hampir-membuat-rudal-balistik.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indonesia Hampir Membuat Rudal Balistik"

Posting Komentar