TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China

TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China
link : TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China

Baca juga


TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China

https://images.theconversation.com/files/541246/original/file-20230804-15-dgf5zq.jpg?ixlib=rb-4.1.0&rect=0%2C0%2C4826%2C3213&q=45&auto=format&w=926&fit=clipIlustrasi (ist)

K
epala Staf TNI Angkatan Darat Maruli Simanjuntak mengatakan tentara Indonesia akan makin sering latihan militer dengan negara-negara Asean dan China. Mengutip Nikkei Asia, Maruli mengungkapkan langkah ini untuk membangun kemitraan dengan lebih banyak negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Eropa dan Afrika, terutama dengan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) di Asia Tenggara.

"Kami menghadapi masalah yang hampir sama di Asean," ujar Jenderal Bintang 4 ini.

Asean menyelenggarakan latihan ASEX 01-Natuna November lalu. Itu merupakan latihan maritim gabungan pertama yang melibatkan pasukan dari seluruh Asia Tenggara, di tengah terus meningkatnya ketegangan di laut yang disengketakan tersebut.

"Semakin sering kita melakukan latihan bersama, semakin banyak ilmu yang kita peroleh," kata dia sembari menekankan pentingnya meningkatkan kemampuan teknologi milter dan pertahanan di tengah eskalasi geopolitik.

Namun, ia menjelaskan bahwa tujuan utama latihan bersama adalah untuk meningkatkan diplomasi dan komunikasi antar angkatan bersenjata negara peserta sehingga mereka dapat berkoordinasi lebih baik jika terjadi insiden.

Lanjutnya, TNI secara terpisah tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan latihan bersama dengan China yang mungkin akan dimulai tahun depan. Perkembangan ini terjadi setelah Prabowo Subianto, menteri pertahanan dan Presiden terpilih, bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Jakarta pada April.

Keduanya membahas latihan militer dan kerja sama industri pertahanan. Sehingga TNI tengah berupaya merancang jenis latihan yang dibutuhkan.

"Kami akan berupaya memberikan saran (kepada China)," imbuhnya.

Meskipun ada ketegangan antara Jakarta dan China di dekat kepulauan Natuna, di tepi selatan Laut Cina Selatan, Indonesia tetap mempertahankan sikap tidak memihaknya.

Selain itu, ia menyatakan TNI juga telah membahas rencana untuk latihan terpisah dengan Amerika Serikat akhir tahun ini. (ldy/agt)

  💂 CNN  


Demikianlah Artikel TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China

Sekianlah artikel TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China dengan alamat link https://beritawawancara.blogspot.com/2024/07/tni-bakal-perbanyak-latihan-militer.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TNI Bakal Perbanyak Latihan Militer dengan Negara Asean dan China"

Posting Komentar