Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang

Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang
link : Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang

Baca juga


Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang

Penulis : Dimaz Akbar
Selasa 20 Februari 2018

BESUK,KRAKSAANONLINE.COM – Sebagai upaya untuk menjaring aspirasi masyarakat desa, Kecamatan Besuk menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, Selasa (20/2/2018). Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa, Ketua BPD, Ketua LKD, Ketua LPP serta tokoh agama/tokoh masyarakat se-Kecamatan Besuk. Tidak ketinggalan pula perwakilan instansi terkait yang ada di Kecamatan Besuk.

Musrenbang yang dipimpin oleh Camat Besuk Teguh Prihantoro ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Moh. Yasin serta perwakilan dari Polsek dan Koramil Besuk, DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) serta Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Probolinggo.

Camat Besuk Teguh Prihantoro menyampaikan Musrenbang di tingkat kecamatan ini merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Besuk berdasarkan masukan dari hasil Musrenbang Desa.

“Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada OPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah pada tahun berikutnya,” katanya.

Menurut Teguh, Musrenbang Kecamatan ini bertujuan untuk memberikan wahana untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat tingkat desa yang menjadi skala pelayanan atau kewenangan kecamatan.

“Serta merumuskan dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dimusyawarahkan dalam forum-forum OPD di tingkat Kabupaten Probolinggo. Sekaligus menetapkan delegasi kecamatan untuk mengawal usulan-usulan permasalahan kecamatan yang akan mengikuti Forum Musrenbang Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Teguh menyampaikan bahwa ada beberapa prinsip-prinsip yang dilakukan dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan. Meliputi, prinsip kesetaraan, prinsip musyawarah dialogis, prinsip keberpihakan, prinsip anti dominasi serta prinsip pembangunan secara holistik.

“Melalui Musrenbang Kecamatan ini saya mengharapkan agar usulan-usulan prioritas yang disampaikan mampu menampung aspirasi semua masyarakat yang ada di desa. Sehingga harapan ke depan dengan Musrenbang ini ada sinergitas perencanaan antara Pemkab Probolinggo dengan pemerintah desa,” harapnya.

Musrenbang kecamatan ini sudah dilaksanakan oleh beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo sejak awal Pebruari 2018. Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Musrenbang Desa dan Kelurahan yang berisi beberapa aspirasi dari masyarakat desa. (wan)


Demikianlah Artikel Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang

Sekianlah artikel Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2018/02/jaring-aspirasi-masyarakat-desa.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaring Aspirasi Masyarakat Desa, Kecamatan Besuk Gelar Musrenbang"

Posting Komentar