BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan

BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan
link : BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan

Baca juga


BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan

MALANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Rabu (14/8/2019) mengikuti kegiatan Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Blok Watugede Jemplang perbatasan masuk wilayah Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.
Kegiatan ini diikuti oleh para personil TNI, Polri, MPA (Masyarakat Peduli Api), Polisi Hutan (Polhut) dan BPBD lintas wilayah yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan diikuti oleh Brimob Ampeldento Malang, Perhutani, Polhut, TNBTS, Masyarakat Mitra Polhut, Kapolsek dan Danramil Senduro, Sukapura, Tosari serta BPBD Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengungkapkan BPBD sebagai salah satu badan yang disebutkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 11 Tahun 2015 memiliki tanggung jawab sebagai salah satu pelaksana tugas penanggulangan kebakaran hutan.
“Kebakaran hutan dan lahan gambut merupakan kebakaran permukaan, dimana api membakar bahan yang mudah terbakar yang ada di atas permukaan, misalnya sampah, pepohonan, semak dan lain-lain,” ungkapnya.
Pada musim kemarau ini jelas Anggit, sering terjadi kebakaran hutan atau lahan dan frekuensinya terus bertambah dengan banyaknya muncul hotspot-hotspot. “Kebakaran hutan dan lahan ini menimbulkan kabut asap yang pekat dan ini sangat mengganggu aktifitas dan kesehatan masyarakat,” jelasnya.
Anggit menerangkan, dalam pelaksanaannya penanganan kebakaran hutan tidak bisa dilakukan sendiri oleh satu instansi. Kerja sama sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana kebakaran hutan atau lahan. Pemenuhan sumber daya manusia dan sarana dan prasarana sangat dibutuhkan untuk pemaksimalan penanganan.
“Selain itu, melakukan kerja sama ataupun pemberdayaan masyarakat dan kerja sama kemitraan perlu dilakukan. Kegiatan apel kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan ini dirasa perlu dilakukan untuk menyatukan persepsi dan kebersamaan serta sinergitas dalam menangani kebakaran hutan,” pungkasnya. (wan)


Demikianlah Artikel BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan

Sekianlah artikel BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2019/08/bpbd-ikuti-apel-siaga-kebakaran-hutan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPBD Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan"

Posting Komentar