Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni

Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni
link : Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni

Baca juga


Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni

Penulis : Dimaz Akbar
Rabu 22 November 2017

Probolinggo,kraksaanonline.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) ke-23 tahun 2017, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan PGRI Kabupaten Probolinggo menggelar pentas seni di sisi selatan Alun-alun Kota Kraksaan, Rabu (22/11/2017).

Pentas seni yang diikuti oleh PC PGRI dari 24 kecamatan ini mengambil tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru Dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja Untuk Penguatan Pendidikan Karakter”. Mereka akan mengikuti lomba fashion show busana kerja dan lomba cipta baca puisi dengan tema Endless Probolinggo.

Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Purnomo mengatakan dengan pentas seni dapat menjadikan acuan dan contoh guru dalam bersikap, bertutur dan berperilaku santun dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik, menuangkan pikiran dalam cara berpakaian dan berjalan yang dikemas dalam lomba fashion show busana kerja motif batik khas Kabupaten Probolinggo dan berucap/bertutur kata melalui lomba cipta baca puisi serta yang tidak kalah penting adalah memupuk kecintaan kepada Kabupaten Probolinggo melalui Endless Probolinggo.

“Kegiatan ini bisa menjadi sebuah wadah untuk meningkatkan etos kerja dan penguatan pendidikan karakter. Harapannya mereka menjadi contoh di lembaga masing-masing dan menjadi contoh dan teladan bagaimana perilaku bersikap,” ungkapnya.

Menurut Purnomo, pentas seni ini bisa menumbuhkan kecintaan murid terhadap seni dan budaya Kabupaten Probolinggo. Disamping juga potensi wisata yang luar biasa di Kabupaten Probolinggo. Wujud kecintaan terhadap seni, budaya dan wisata ini dapat dilakukan dengan cara merawatnya dengan baik demi meningkatkan nilai jual Kabupaten Probolinggo.

“Dengan kegiatan ini harapannya kompetensi guru akan terasah, terutama dalam hal cara berpakaian. Karena hal ini merupakan wujud kepribadian guru. Jika berpakaian saja sudah tidak pantas, bagaimana mau mendidik muridnya, ” pungkasnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengungkapkan bahwa pentas seni merupakan ajang untuk mewadahi bakat, minat dan kreatifitas seni budaya di lingkungan sekolah dalam rangka membentuk dan pewujudkan pelayanan pendidikan yang berkarakter dan bermutu.

“Pentas seni ini menjadi sebuah media untuk menumbuhkan kecintaan peserta didik kepada seni dan budaya, khususnya budaya dan seni asli Kabupaten Probolinggo. Sekaligus untuk membentuk pribadi yang luhur dan berakhlak mulia, ” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dewi Korina juga bermain gitar mengiringi tampilan baca puisi dari Ika, sebagai juara baca puisi dari SDN Kotaanyar 1 Kecamatan Kotaanyar. “Hal ini saya lakukan untuk memotivasi seluruh insan pendidikan supaya menumbuhkan kecintaan kepada seni dan budaya,” tegasnya.

Pentas seni ini banyak menyajikan beragam atraksi seni meliputi paduan suara SMAN 1 Kraksaan, Tari Jejer Banyuwangi dari SMPN 1 Kraksaan, seni bela diri/pencak silat dari SMPN 1 Pajarakan, Pantomim dari SD Muhammadiyah Kraksaan, Tari Merak dari SMKN 1 Kraksaan, Tari Serenande dari SMPN 1 Besuk, baca puisi dari SD Insan Terpadu Paiton, Pantomim dari SDN Malasan 2, Tari Glipang dari SMPN 1 Krejangan, Tari Krida Tamtama Hati dari SMP Hati BBS Kraksaan.

Setelah melalui penilaian dari dewan juri, untuk Lomba Baca Puisi juara 1 diraih PC PGRI Kecamatan Tongas, juara 2 diraih PC PGRI Kecamatan Bantaran, juara 3 diraih PC PGRI Kecamatan Kraksaan, juara harapan 1 diraih PC PGRI Kecamatan Wonomerto, juara harapan 2 diraih PC PGRI Kecamatan Pajarakan dan juara harapan 3 diraih PC PGRI Kecamatan Banyuanyar.

Sementara untuk Lomba Fashion Show Busana Kerja, juara 1 diraih PC PGRI Kecamatan Leces, juara 2 diraih PC PGRI Kecamatan Wonomerto, juara 3 diraih PC PGRI Kecamatan Gending, juara harapan 1 diraih PC PGRI Kecamatan Bantaran, juara harapan 2 diraih PC PGRI Kecamatan Kuripan dan juara harapan 3 diraih PC PGRI Kecamatan Sumberasih. (maz)





Demikianlah Artikel Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni

Sekianlah artikel Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2017/11/dispendik-pgri-gelar-pentas-seni.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dispendik-PGRI Gelar Pentas Seni"

Posting Komentar