24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium

24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium
link : 24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium

Baca juga


24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium

Probolinggo,KraksaanOnline.com - Sedikitnya 24 orang masyarakat nelayan dari Kecamatan Sumberasih dan Tongas mendapatkan pelatihan pembuatan jaring milenium dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo di RM New Rahayu Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Selasa hingga Kamis (26-28/9/2017).

Selama pelatihan mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Provinsi Jawa Timur. Materi yang diberikan berupa sistematika dan cara pembuatan jaring milenium yang merupakan penerapan teknologi adaptif perikanan tangkap.

“Intinya sebagai diversifikasi alat tangkap nelayan. Sehingga nelayan memiliki alternatif penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan. Hal ini sebagai upaya agar hasil tangkapan nelayan bisa meningkat,” kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Diskan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Azis.(27/09)





Menurut Wahid, pelatihan ini bertujuan memberikan ketrampilan dan pengetahuan kepada masyarakat nelayan tentang pembuatan jaring milenium sehingga bisa memilih lebih dari satu alat tangkap. “Disamping untuk memberikan diversifikasi alat tangkap alternatif,” jelasnya.

Wahid menerangkan bahwa jaring milenium ini sangat baik sekali dan hasil tangkapannya lebih banyak. Harganya memang mahal, tetapi jika paham cara pembuatannya maka cepat kembali modal.

“Jaring dengan teknologi adaptif ini merupakan teknologi yang relatif baru bagi masyarakat nelayan di Kabupaten Probolinggo. Sehingga harapannya bisa diversifikasi alat tangkap. Pasalnya selama ini mereka menggunakan jaring sedong untuk menangkap rajungan,” terangnya.




Lebih lanjut Wahid mengharapkan agar masyarakat sedikit dan perlahan bisa meninggalkan alat tangkap jaring sedong. Sebab hasil tangkapan rajungan sudah semakin kecil. Sehingga dengan tidak menggunakan jaring sedong, maka rajungan bisa semakin berkembang lagi.

“Kerja dari jaring milenum ini adalah menangkap ikan pelagis (ikan permukaan) yang mempunyai nilai ekononis tinggi dan harapannya tentu harganya bisa lebih mahal,”  ungkapnya.

Wahid menambahkan agar dengan adanya pelatihan ini masyarakat bisa menerapkan alat tangkap milenium sebagai alat tangkap alternatif yang bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Sementara Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi dalam kesempatan tersebut meminta kepada para nelayan supaya menggunakan jenis jaring yang memang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan diperbolehkan peruntukannya bagi masyarakat nelayan.





“Dengan adanya alat tangkap jaring milenum ini saya meminta kepada para nelayan jangan menggunakan alat tangkap yang dilarang di perairan Kabupaten Probolinggo. Semua ini penting demi kelestarian produk perikanan dan kelautan di Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (maz)

Penulis : Dimaz Akbar
Editor   : wan



Demikianlah Artikel 24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium

Sekianlah artikel 24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2017/09/24-nelayan-dilatih-membuat-jaring.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "24 Nelayan Dilatih Membuat Jaring Milenium"

Posting Komentar