Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan

Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan
link : Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan

Baca juga


Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan









Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur mengadakan Focus Group Discussion (FGD) 

Probolinggo,KraksaanOnline.com
 — Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait pemetaan pengembangan kluster komoditas unggulan perikanan dan kelautan di wilayah Jawa Timur, Selasa (26/9/2017).
FGD ini diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari unsur Bappeda, kelompok perikanan, kelompok pembudidaya kolam air tawar, petambak, petambak garam serta pengolah hasil ikan dan pembenih ikan di Kabupaten Probolinggo.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi didampingi sejumlah pejabat Diskan Kabupaten Probolinggo, Kepala Bidang Pengembangan Kemitraan dan SIDA (Sistem Informasi Daerah) Balitbang Provinsi Jawa Timur Heru Wahono dan peniliti dari Balitbang Provinsi Jawa Timur Darmawan Sucahyo.




Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengungkapkan FGD ini adalah suatu proses pengumpulan informasi suatu masalah tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok.
“Kegiatan ini juga bisa menjadi media ajang menarik aspirasi apa saha yang ingin dibantu oleh Balitbang. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu memberikan ahli pikir dan sumbang saran demi suksesnya sebuah program,” katanya.
Menurut Dedy, dengan kegiatan ini masyarakat mengetahui bagaimana memanfaatkan tingkat kesulitan untuk mencari sebuah solusi. “Harapan ke depan ada tindak lanjut dan solusi yang nyata dari hasil FGD,” pungkasnya.
Sementara Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Hari Pur Sulistiono menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemetaan komoditi perikanan, terutama untuk sentra produksi perikanan dan kelautan. “Pemetaan ini penting sehingga diperoleh sarana dan prasarana (sarpras) yang dibutuhkan di sentra kawasan komoditi unggulan untuk pengembangan lebih lanjut,” katanya.
Fokus pembahasan FGD ini adalah menyangkut kebutuhan sarpras dan memberikan informasi terkait kebijakan pengembangan komoditas. Dari hasil pemetaan ini akhirnya nanti diperoleh karakteristik komoditi unggulan di Kabupaten Probolinggo dan jenisnya yang akan dilakukan penelitian lebih lanjut.
“Dengan adanya kajian dari FGD di Kabupaten Probolinggo, permasalahan yang selama ini muncul terkait pengembangan komoditi unggulan perikanan dan kelautan bisa mendapatkan solusi bukan sifatnya lokal tetapi regional Jawa Timur. Bahkan kalau bisa menjadi bahan kebijakan di pusat,” pungkasnya. (wan)
Penulis: Dimaz Akbar




Demikianlah Artikel Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan

Sekianlah artikel Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2017/09/diskan-balitbang-jatim-lakukan-pemetaan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diskan - Balitbang Jatim Lakukan Pemetaan Pengembangan Kluster Komuditas Unggulan Perikanan dan Kelautan"

Posting Komentar