Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif

Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif - Hallo sahabat Berita Wawancara, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel Kabar, Artikel Berita, Artikel Berita Wawan cara, Artikel Fenomena, Artikel Indonesia, Artikel Islam, Artikel Islami, Artikel Muslim, Artikel Politik, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif
link : Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif

Baca juga


Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif

Penulis : Dimaz Akbar
Kamis 14 Desember 2017

Probolinggo,KraksaanOnline.com –  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Kamis (14/12/2017) menggelar workshop desa/kelurahan siaga aktif di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini diikuti oleh 165 orang peserta yang terdiri dari lintas sektor dan lintas program serta puskesmas se-Kabupaten Probolinggo.

Hadir dalam kesempatan tersebut Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, para Camat dan Kepala Puskesmas di Kabupaten Probolinggo.

Wabup Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa desa/kelurahan siaga aktif sebagai suatu desa/kelurahan yang memiliki kesiapan sumberdaya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan (bencana dan kegawatdaruratan) secara mandiri.

“Pengembangan desa/kelurahan siaga sampai dengan saat ini masih banyak kita temui berbagai masalah dan hambatan. Di sisi lain masih belum memasyarakat istilah desa/kelurahan siaga sehingga belum banyak dikenal di kalangan masyarakat maupun pejabat pemerintah,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, untuk pengembangan desa/kelurahan siaga aktif melalui workshop ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman dalam konsep desa siaga sehingga langkah-langkah dalam pengembangan ke depan dapat berjalan secara lebih berhasil guna dan berdaya guna. Serta target betul-betul bisa dicapai secara bersama-sama.

“Desa/kelurahan siaga merupakan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah daerah, lintas sektor, swasta dan utamanya adalah masyarakat sebagai konsekuensi bahwa desa siaga sebagai upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM). Yakni, dari, oleh dan untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengungkapkan dengan adanya desa/kelurahan siaga aktif maka penduduk akan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dasar.

“Selain itu penduduk dapat mengembangkan UKBM dan melaksanakan survailans berbasis masyarakat, kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana serta penyehatan lingkungan,” katanya.

Menurut Shodiq, desa/kelurahan siaga aktif ini bertujuan untuk mengembangkan kebijakan pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif di setiap tingkat pemerintahan. “Serta meningkatkan komitmen dan kerjasama semua pemangku kepentingan mulai dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan untuk pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif,” jelasnya.

Shodiq menambahkan pada tahun 2016, jumlah desa/kelurahan siaga aktif dari 330 desa/kelurahan di Kabupaten Probolinggo 4,85% belum aktif dan sisanya sudah aktif dengan perincian Pratama 83,64%, Madya 10,91% dan Purnama 0,61%. Tahun 2017, yang belum aktif sebanyak 28,92%. Sementara yang sudah aktif terdiri dari Pratama 56,75%, Madya 13,49% dan Purnama 1,04%. Hingga saat ini masih belum ada yang mandiri, tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Timbul didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko ini menyerahkan hadiah berupa tropy, piagam dan uang pembinaan kepada para pemenang Health Award, Lomba Desa/Kelurahan Siaga Aktif dan Lomba Bagas Tahun 2017.(maz)




Demikianlah Artikel Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif

Sekianlah artikel Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif dengan alamat link http://beritawawancara.blogspot.com/2017/12/pemkab-gelar-workshop-desakelurahan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Gelar Workshop Desa/Kelurahan Siaga Aktif"

Posting Komentar